Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 11 Agustus 2010

Sistem Informasi Posyandu

Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen kesehatan
Universitas Diponegoro Semarang
2009


ABSTRAK
Abu Khoiri

Pengembangan Sistem Informasi Posyandu Guna Mendukung Surveilans Kesehatan Ibu dan Anak Berbasis Masyarakat Pada Desa Siaga (Studi Kasus Di Kelurahan Manisrejo Kecamatan Taman Kota Madiun Provinsi Jawa Timur)

172 halaman + 32 tabel + 36 gambar

Salah satu kegiatan Desa Siaga adalah surveilans kesehatan berbasis masyarakat, yaitu pengamatan atau pemantauan yang dilakukan secara terus menerus oleh masyarakat terhadap masalah kesehatan dan faktor risiko yang mempengaruhi atau menyebabkan masalah kesehatan tersebut. Diantaranya adalah surveilans kesehatan ibu dan anak melalui kegiatan Posyandu. Surveilans kesehatan ibu dan anak dilakukan oleh kader Posyandu dengan melakukan pencatatan dan pelaporan menggunakan instrumen Sistem Informasi Posyandu (SIP). Informasi yang dihasilkan SIP antara lain hasil timbang, status gizi anak, imunisasi, tingkat risiko ibu hamil, imunisasi TT, daftar ibu atau anak yang meninggal, dan presensi petugas pada saat layanan Posyandu. Berdasarkan survei pendahuluan, informasi yang dihasilkan SIP sebelum dikembangkan sulit diakses kembali, serta belum menghasilkan informasi yang lengkap, akurat, dan jelas.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Sistem Informasi Posyandu guna mendukung surveilans kesehatan ibu dan anak berbasis masyarakat pada Desa Siaga.
Desain penelitian menggunakan pre eksperimental (One Group pretest-posttest). Pengembangan sistem dilakukan berdasarkan tahapan FAST. Subyek penelitian terdiri dari end user (kader Posyandu, Pokja IV TP PKK, bidan wilayah, petugas gizi Puskesmas) dan supporting end user (Kepala Kelurahan dan Ketua Kelompok Kelurahan Siaga). Analisis data dengan cara analisis isi (untuk data kualitatif) dan rata-rata tertimbang antara sebelum dan sesudah uji coba (untuk data kuantitatif).
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara untuk analisis perancangan sistem dinyatakan bahwa Sistem Informasi Posyandu layak untuk dikembangkan. Sistem dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan tool XAMPP versi 1.6.5. Hasil analisis data secara deskriptif bahwa nilai rata-rata hasil uji kualitas informasi sesudah pengembangan sistem lebih besar dari sebelum pengembangan sistem. Ada beberapa hal yang menjadi kelemahan sistem, yaitu bahwa sistem belum bisa menampilkan informasi D/S tiap bulan (jumlah anak yang hadir saat layanan Posyandu dibagi jumlah seluruh anak di wilayah Posyandu), sistem belum bisa menampilkan balok SKDN, dan sistem belum bisa menampilkan umur anak dibawah satu tahun dalam tahun, bulan, dan hari.

Kata Kunci : informasi, Posyandu, surveilans.
Kepustakaan : 46, 1999-2008

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar